0811-608-1114 & 081269952111 Pin BB : 54149A82[email protected]

Air Terjun Efrata Di Samosir

 

IMG_20161116_185602

Setelah kunjungan ke Menara Pandang Tele rombongan kami melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya yang ada di Kabupaten Samosir. Perlu diketahui bahwa Kabupaten Samosir memiliki kota besar yaitu disebut Kota Pangururan. Samosir juga disebut dengan Pulau Samosir yang berada di tengah-tengah Danau Toba sehingga pulau samosir dikelilingi oleh danau toba. Hal yang menjadi pertimbangan adalah mencari sewa mobil di Medan yang menyediakan berbagai jenis armada kendaraan menuju lokasi air terjun efrata. Rental mobil innova Medan sangat cocok dengan kapasitas 7 orang. Zoya rental mobil medan menyediakan rental mobil innova Medan serta rental mobil avanza Medan dan lain-lainnya. Biaya sewa innova dengan supir sekitar 450 ribuan (belum termasuk BBM, parkir wisata).

Perjalanan selanjutnya menuju tempat wisata air terjun untuk sekedar melepas penat, menikmati keajaiban alam atau sekedar mandi-mandi. Salah satu destinasi wisata air terjun di samosir adalah Air Terjun Efrata yang terletak di desa sosor dolok kecamatan harian, kabupaten samosir. Tidak terlalu banyak pengunjung disini karena mungkin lokasi yang terlalu jauh dari pusat kota dan kebanyakan mengunjungi pusat wisata sejarah dan budaya di tomok, tuk tuk atau ambarita.

keindahan air terjun efrata

Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 25 menit dari tempat wisata menara pandang tele, jalan yang menurun dan berbelok belok membuat perjalanan semakin seru dan diperlukan kehati-hatian karena jalan yang dilalui cukup sempit. Anda tidak perlu kuatir di jalan karena sepanjang jalan dipasang beton pembatas jalan dengan jurang tetapi dianjurkan untuk tetap berhati-hati. Untuk perjalanan dari pangururan ke lokasi air terjun sekitar 20 Km. Tibalah kami dipersimpangan jalan menuju lokasi air terjun untuk berbelok ke kanan sesuai petunjuk dari rambu yang ada dipersimpangan, setelah itu waktu yang ditempuh kurang lebih 15 menit tibalah kami di Air Terjun Efrata.

rambu air terjun efrata

Setelah itu kami pun menikmati pemandangan air terjun efrata dari tempat parkir mobil dan biaya parkir mobil pun tidak terlalu mahal hanya Rp. 3.000,0/mobil. Lalu kami memarkirkan kendaraan sesuai petunjuk petugas parkir wisata. Kemudian kami menyiapkan peralatan tenda untuk sekedar berkumpul dan beristirahat sejenak sambil menikmati pemandanga disekelilingnya. Penduduk disekitarnya juga ramah jadi tidak perlu kuatir akan bahaya dari perampokan ataupun pencurian, tempat wisata ini tergolong aman dan nyaman. Jumlah kunjungan pun tidak terlalu banyak mungkin karena jarak yang terlalu jauh, jalan yang berbelok-belok dan berbatu. Rasa capek ataupun letih hilang seketika ketika kami melihat indahnya air terjun efrata. Nama tempat wisata ini disebut dengan Obyek Wisata Sampuran Efrata.

Ketinggian air terjun ini sekitar 26 meter, memiliki lebar sekitar 1o meter dan mengalir ke sungai kecil. Sungguh disayangkan infrastruktur jalan menuju lokasi kurang bagus karena berbatu sehingga kami lebih berhati-hati selama perjalanan. Oleh sebab itu kami sebagai pelaku pariwisata mengharapkan kepada pemerintah daerah khususnya kabupaten samosir untuk membangun infrastruktu jalan yang bagus agar semakin banyak pengunjung ke tempat wisata ini. Semoga pariwisata di Sumatera Utara semakin jaya sehingga akan meningkatkan taraf hidup masyarakat samosir sekitarnya.