0811-608-1114 & 081269952111 Pin BB : 54149A82[email protected]

Keindahan Danau Toba Dari Menara Pandang Tele Samosir

Keindahan danau toba sudah tidak diragukan lagi karena banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke danau toba. Hal yang menjadi pertimbangan waktu berkunjung ke danau toba dan sekitarnya yaitu mencari sewa mobil di Medan yang menyediakan berbagai jenis mobil wisata. Jarak tempuh dari Medan ke Menara Pandang Tele sekitar 170 KM.

Bicara keindahan danau toba tak akan habis-habisnya karena kaya akan budaya, adat, sejarah, alam yang memiliki ciri khas tersendiri. Pada segmen ini kami dari zoya rental mobi di Medan memberikan penjelasan salah satu wisata idaman di sekitar danau toba yaitu Menara Pandang Tele di Samosir atau terletak di Kabupaten Samosir.

Pengalaman kami membawa tamu zoya sangat berkesan selama diperjalanan, kami berangkat dari kota Medan mulai pukul 06.00 wib dari Hotel Aryaduta Medan. Estimasi waktu tempuh dari kota Medan ke Menara Tele sekitar 5 (lima) jam.

Kami melewati rute medan ke menara pandang tele via berastagi yang terletak di Kabupaten Karo. Sekitar jam 07.30 wib kami tiba di kota Berastagi, untunglah kondisi di jalan tidak terlalu padat. Selama perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan teduh, cuaca yang dingin dan sejuk sangat kami nikmati selama perjalanan di berastagi. Kami berhenti sejenak di kota Berastagi untuk sarapan pagi di kedai nasi depan tugu berastagi.

Dari berastagi kami melanjutkan perjalanan menuju menara pandang tele via sidikalang, semakin asyek dan menyenangkan karena udara semakin dingin dan sejuk selama melewati simpang merek sampai ke sidikalang. Kemudian tamu kami meminta untuk berhenti sejenak di tempat penatapan tepatnya dekat tempat wisata resort simalem. Penatapan artinya tempat untuk menatap natap pemandangan yaitu bukit, gunung, resort simalem, dan tentunya yang tidak kalah seru yaitu panorama danau toba yang indah. Tak bisa diungkapkan dengan kata kata selain woww…….indah sekali, demikian ungkapan tamu.

Perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri sebagian jurang dan tebing hingga tibalah kami di sidikalang, perjalanan yang mendaki semakin membuat kami takjub dengan disuguhi pemandangan air terjun di pinggir jalan dan tempat wisata taman iman sidikalang. Karena melihat waktu yang tidak banyak kami tidak singgah kemudian disimpang tele kami belok ke kiri menuju arah dolok sanggul-tele.

Tibalah kami di Menara Pandang Tele Samosir sekitar pukul 12.30 dan berhenti di tempat parkir khusus wisata yang berada disebelah kanan atau kiri. Amazing……..indah nian, demikian teriakan dari para tamu, kami pun berusaha menjelaskan sedikit tentang keindahan pemandangan dilihat dari Menara Pandang Tele.

Keindahan panorama danau toba terlihat jelas dari Menara Pandang Tele dan lebih sempurna dimana kami bisa melihat lebih jelas gunung pusuh buhit (yang merupakan asal muasal Raja Batak), menara pandang tele telah diresmikan oleh Bupati Tapanuli Utara yaitu Bp. Drs. G. Sinaga pada tanggal 22 April 1982.

Ongkos biaya masuk ke Menara Pandang Tele Rp. 5000,- (lima ribu rupiah) sebagai retribusi wisata, murah bukan?? Beruntung kami dalam kondisi cuaca yang bagus sehingga kami dapat melihat pemandangan sekeliling menara tele dan mengambil foto untuk kenang-kenangan ataupun jadi dokumentasi pribadi ataupun keluarga. Udara yang semakin dingin dan sejuk membuat kami semakin puas karena kami menghirup udara segar yang tidak pernah kami rasakan sebelumnya di kota Medan.