0811-608-1114 & 081269952111 Pin BB : 54149A82[email protected]

Kerukunan Umat Beragama Di Taman Iman Dairi

img_20161124_204842

Rombongan tour dari grup zoya berhenti di lokasi wisata taman iman dairi sebelum ke menara pandang tele. Taman wisata iman dairi merupakan wisata rohani yang tidak kami lewatkan karena merupakan rekomendasi perjalanan wisata dari rombongan tamu kami.

taman-iman-dairi

Pada segmen ini kami membahas wisata rohani yaitu Wisata Taman Iman Dairi, yang terletak di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Lokasinya sebelum kota sidikalang bila berangkat dari Medan. Jarak tempuh dari Medan sekitar 155 Km atau waktu yang ditempuh sekitar 5 jam-an tergantung kondisi jalan. Saat kami berangkat di pagi hari jam 06.00 pagi tidak ditemukan kendala selama di perjalanan sehingga kami bisa menempuh perjalanan selama 4 jam dengan sewa bus pariwisata Medan.

bukit-golgota-taman-iman

Bicara taman iman dairi teringat oleh para wisatawan kami serasa di Taman Mini Indonesia Indah yang terdiri dari berbagai jenis tempat ibadah. Di Indonesia terdapat 5 agama besar yaitu Islam, Kristen Protestan, Katholik, Budha dan Hindu. Luas daripada taman iman ini adalah sekitar 130.000 meter persegi. Cukup luas bukan??? Karena terlalu luasnya maka pengunjung kami bisa memakan waktu selama 2 jam untuk mengitari keliling taman iman ini. Sungguh melelahkan bukan tapi dapat hilang sejenak dengan melihat pemandangan sekelingi taman iman ini yang terdiri dari berbagai bangunan tempat ibadah masing-masing 5 agama yang ada di Indonesia. Bangunan tersebut mencerminkan kerukunan umat beragama dan hidup saling berdampingan yang harmonis tanpa pandang agama apa. Udara yang sejuk dan dingin membuat kami betah berada di lokasi ini dan kami juga dapat mengambil foto atau sekedar selfie di sekitaran bangunan ibadah ataupun taman dan kolam. Sungguh indah untuk dilupakan karena suasananya hening dan jauh dari kebisingan ibukota.

manasik-haji-taman-iman-dairi

Wisata iman di dairi banyak didominasi bangunan ibadah dari Agama Kristen, ini bukan berarti taman iman ini hanya dimiliki oleh umat Nasrani. Disamping itu terdapat Mesjid yang lumayan besar sehingga rombongan kami dapat sholat lima waktu. Di Halaman mesjid juga terdapat monumen lapangan Manasik Haji. Selain itu juga terdapat Patung Abraham, Patung Nabi Musa, Gereja Oikumene, Goa Bunda Maria, dan juga Perahu Nabi Nuh.

perahu-nabi-nuh-taman-iman

Selain itu terdapat juga Kuil Hindu yaitu Vihara Saddahavadana dengan adanya Patung BUdha Rupang. Tempat ini didominasi oleh umat Kristiani karena terdapat banyak kisah nyata di dalam penginjilan ataupun perjalanan Yesus Kristus yang lahir di Kandang Domba di Betlehem. Begitu juga serunya terdapat 14 tahap Perjalanan Salib di Bukit Golgota dan Kebangkita Yesus Kristus.

Bilamana anda ingin mengunjungi wisata rohani ke Taman Iman Dairi, anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau lebih karena jalan menuju lokasi ini cukup lebar sehingga bus pariwisata Medan dapat memasuki tempat ini. Anda juga bisa mencari mobil pribadi dengan rental mobil di Medan seperti rental Avanza di medan, rental Toyota Innova di Medan, rental Alphard Medan, dan lain-lain. Untuk grup perjalanan wisata bisa dengan sewa mobil Elf Short Medan, sewa mobil Travello Medan, sewa Toyota Hiace Commuter Medan, sewa bus pariwisata Medan, dan lain-lain.

Demikian singkat cerita mengenai wisata rohani ke Taman Iman di Dairi yang mencerminkan kerukunan umat beragama atau kuatnya Bhineka Tunggal Ika yang ada di Provinsi Sumatera Utara, semoga dapat bermanfaat bagi anda yang belum berkunjung ataupun sudah berkunjung.