0811-608-1114 & 081269952111 Pin BB : 54149A82[email protected]

Perawatan Filter Udara Mobil

Mobil banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai alat transportasi sehari-hari sehingga perlu perawatan yang baik agar kendaraan anda tetap nyamana digunakan seperti baru. Berikut ini zoya rental mobil medan memberikan tips cara perawatan filter udara pada mobil anda. Sebelumnya, perlu ada ketahui apa yang dimaksud dengan filter udara pada mobil. Filter udara adalah bagian yang penting bagi kendaraan. Perangkat ini adalah ujung tombak yang menghalangi masuknya kotoran ke dalam mesin pembakaran. Filter udara terletak pada bagian atas karburator. Seperti halnya manusia, jeroan mesin harus senantiasa sehat dan bersih. Itulah sebabnya, filter udara terasa begitu penting. Bila peranti penyaring kualitas udara menuju bahan bakar tak berfungsi dengan baik, udara yang masuk bersama bahan bakar menuju ruang mesin adakalanya bercampur debu dan mengganggu kinerja mesin. Paling sederhana mengakibatkan mesin terbatuk-batuk.

filter udara mobil

Selain menyaring debu yang masuk ke mesin pembakaran, filter udara juga berfungsi untuk mencegah nyala api dari mesin pada saat mesin dinyalakan kembali. Kalau sudah bercampur dengan debu mesin bisa ngadat. Kalau sampe mogok di jalan tentu kita dibikin repot. Karena pentingnya, pada tahun 2006 Nissan Motor melakukan recall terhadap 140.000 unit model Altima di Amerika Serikat karena bahan pembuatnya berpotensi membuat percikan api yang dapat membakar mesin.

Secara umum penyaringan filter udara pada kendaraan terdapat dua. Satu untuk keperluan optimalisasi sistem pembakaran dan filter pada rangkaian sistem pendingin (AC). Namun kita akan membahas filter pada mesin mobil. Selain rajin membersihkan filter udara secara rutin, kita juga harus mengetahui jenis-jenis filter udara yang dijual di pasar sehingga kita dapat merawat sesuai dengan bahan dasarnya. Perawatan secara rutin juga ikut menentukan lama usia penggunaannya. Apabila filter terbuat dari karton, maka kita perlu memperhatikan usia penggunannya. Filter ini memiliki usia yang relatif sebentar. Apabila penggunaannya sudah mencapai 5.000 km sebaiknya segera diganti. Pada pemakaian yang berlebihan, permukaan karton akan berbulu dan apabila dibiarkan serpihan bulu akan masuk bercampur dengan debu ke ruang bakar sehingga permukaan silender mesin akan tergores. Merawatnya sangat mudah, cukup dengan menyemprotnya dengan kompresor sampai debunya bersih.

Filter juga ada yang terbuat dari spons. Perawatannya juga relatif mudah, cukup dengan menyelupkan ke dalam air lalu dicuci dengan detergen. Kemudian diangini atau dijemur namun tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Rata-rata usia filter yang terbuat dari spon berusia 15.000 km. Ada juga filter yang terbuat dari bahan serat katun. Filter udara yang terbuat dari katun dirancang tahan hingga 200.000-400.000 km. Lebih ekonomis, dan menjamin pasokan udara ke mesin lebih lancar.Inilah cara termudah untuk memperbaiki performa mobil Anda. Coba lihat pada waktu Anda ke bengkel untuk servis mobil, yang paling pertama diperiksa dan dibersihkan adalah filter udara. Tetapi kebanyakan orang tidak sadar bahwa hanya dengan rajin membersihkan filter udara, maka performa mesin tetap terjaga. Penggunaan filter kertas / karton juga tidak terlalu ekonomis, dan tidak terlalu efektif. Walaupun sudah dikompresor, tetap saja debu yang kecil menempel dan menghalangi aliran udara. Dengan filter katun, semua masalah udara mesin akan tetap terjamin.

Demikian tips dari zoya rental mobil medan pengertian dan fungsi dari filter udara pada mobil anda sehingga anda dapat merawatnya dengan mudah ataupun dapat menggantikannya dengan filter udara yang lebih baik. Hal yang menjadi pertimbangan saat berkunjung ke kota Medan adalah mencari rental mobil di Medan yang menyediakan berbagai jenis mobil dengan supir yang siap menghantar anda ke tempat tujuan wisata danau toba dan sekitarnya.