0811-608-1114 & 081269952111 Pin BB : 54149A82[email protected]

Tips Aman Parkir Mobil Di Medan

Dengan adanya kemajuan zaman dan pertumbuhan ekonomi yang berkembang pesat maka kendaraan mobil menjadi suatu kebutuhan yang pokok sebagai alat tranportasi. Kebanyakan warga kota Medan menggunakan mobil untuk keperluan sehari-hari seperti saat bekerja, bisnis, keluarga, dan perjalanan wisata. Zoya rental medan menyediakan jasa sewa mobil Medan dengan berbagai jenis mulai dari city car Medan, low MPV, SUV, sewa mobil sedan Medan, sewa bus pariwisata Medan dan mobil berniaga seperti pickup, sewa mobil box Medan, dan lain-lain.

Untuk pemilik mobil pemula hati-hati dalam memarkirkan kendaraan anda khususnya di kota Medan yang rawan kejahatan sosial seperti pencurian mobil, sepeda motor. Untuk itu perlu mengetahui beberapa tips cara parkir mobil aman. Berikut Zoya rental medan memberikan tips aman parkir mobil di Medan untuk anda agar terhindar dari tabrakan, benturan dan pencurian. Memarkir mobil dengan aman pada dasarnya terbagi atas 2 perlakuan, yakni aman dari kecelakaan saat memarkir mobil dan aman dari pencurian saat mobil di parkir. Berikut adalah tips aman parkir mobil.

Parkir di tempat umum
Di tempat parkir umum biasanya sudah diberikan tanda berupa garis-garis yang menjadi pembatas antara mobil yang satu dengan mobil yang lain. Garis-garis tersebut dibuat dengan memerhatikan lebar mobil secara umum. Ikuti garis tersebut ketika akan memarkirkan kendaraan, agar mobil kamu aman dari menyenggol mobil yang sudah parkir di kanan dan kiri, serta aman dari pencurian.

Pilih area Parkir yang mudah
Pilihlah area parkir yang memudahkan Anda untuk memarkirkan kendaraan. Walaupun ternyata ada area parkir yang dekat dengan pintu masuk, tapi bila Anda merasa sulit untuk memarkirkan kendaraan di situ, tinggalkan saja tempat parkir itu. Lebih baik Anda mencari tempat parkir lain yang agak jauh, yang penting Anda mudah untuk memarkirkannya.

Posisi mobil
Atur posisi mobil tepat di tengah ruang parkir, jika agak minggir ke satu sisi (kanan atau kiri), sehingga mobil anda tidak terserempet mobil yang akan parkir atau keluar di sebelah anda. Selain itu, hindari memarkirkan kendaraan di area yang berdempet kanan-kirinya dengan mobil lain. Anda juga sebaiknya memarkirkan kendaraan secara mundur agar lebih mudah ketika mengeluarkan mobilnya nanti.

Atur Spion
Spion mobil menjadi sangat penting saat kamu memarkir mobil. Untuk itu, aturlah spion, spion kanan kiri dan spion dalam mobil dan jika ada spion yang menempel pada kaca belakang mobil. Cara dalam mengatur spion mobil adalah :
1. Atur sudut kemiringan spion sampai spion bagian kanan mampu melihat ujung body mobil bagian kanan belakang mobil.
2. Atur spion sebelah kiri untuk melihat ujung body mobil bagian belakang (kiri).
3. Atur Spion dalam untuk melihat lurus ke belakang.
4. Spion belakang juga bisa digunakan untuk melihat track dan sedekat apa bumper dengan pembatas parkir.

Buka Jendela
Ketika memarkir mobil, terutama parkir mundur, Anda tidak bisa sepenuhnya melihat dari kaca spion. Melihat secara langsung dengan menoleh ke belakang tentu lebih tepercaya. Karena itu, turunkan jendela, baik yang di sebelah kanan maupun di sebelah kiri, agardapat lebih mudah melihat ke belakang.

Alat Bantuan
Mobil yang sudah dilengkapi dengan alat bantu parkir, bisa memudahkan kamu dalam memarkir mobil, misalnya kamera belakang atau sensor bunyi. Anda dapat menggunakan kedua alat bantu tersebut untuk memarkirkan mundur kendaraan Anda. Namun, jangan sepenuhnya melihat layar kamera di dashboard mobil, sebab kamera hanya menampilkan apa yang ada di belakang Anda, tidak yang di samping mobil. Anda tetap harus menoleh ke kanan dan kiri untuk memastikan tidak menyenggol mobil lain.

Konsentrasi
Ketika kamu sudah dalam posisi untuk memarkirkan kendaraan, matikan musik di dalam mobil dan jangan sambil mengobrol dengan penumpang lain. Selain itu, jangan terburu-buru, hanya karena ada mobil di belakang Anda yang terus-menerus menekan klakson. Abaikan saja dan teruskan memarkirkan kendaraan dengan baik. Juga, jangan terpancing dan terburu-buru jika melihat seseorang bersiap untuk masuk mobil. Biasanya ini terjadi saat areal parkir cukup padat dan ruang parkir yang kosong jadi sangat berharga sehingga mengabaikan keadaan mobil lain di sekitarnya. Akibatnya, tabrakan kecil bisa terjadi.

Hindari mobil yang lebih besar
Hindari parkir di antara mobil yang besarnya melebihi mobil anda agar terhindar dari pengutil spion ataupn pencuri tape audio. Mobil yang mudah terlihar di area parkir akan membuat pencuri segan beraksi.

Jangan meninggalkan barang berharga
Jangan tinggalkan barang berharga atau kantong berisi belanjaan, karena pencuri akan terpancing untuk membongkar kaca atau pintu mobil anda.

Matikan mesin
Walaupun kamu sedang berada di parkiran depan rumah atau garasi, jangan meninggalkan mobil dalam keadaan mesin menyala. Perhatikan terus mobil Anda jika sedang memanaskan mesin mobil dan matikan mesin jika mobil akan ditinggal.

Simpan kartu parkir di saku atau dompet
Beberapa tempat parkir yang mengutamakan keamanan akan meminta pengemudi menunjukan kartu parkir serta STNK saat pengemudi ingin keluar dari tempat parkir. Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan tinggalkan kartu parkir di dalam mobil karena itu akan memudahkan pencuri mobil dalam menjalankan aksinya. Begitu halnya dengan parkir valet, tetaplah waspada dan jangan tinggalkan STNK dan kartu parkir di dalam mobil kecuali terpaksa.

Gunakan GPS (Global Positioning System)
Perangkat GPS merupakan salah satu cara untuk mencari tahu kemana pencuri mobil membawa lari kendaraan Anda. Walau hanya berfungsi beberapa saat sebelum disadari sang pencuri, GPS merupakan cara termudah bagi Anda untuk mendapatkan kembali mobil yang telah dicuri.

Demikian informasi tentang Tips Aman Parkir mobil dari zoya rental mobil Medan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda para pembaca.