0811-608-1114 & 081269952111 Pin BB : 54149A82[email protected]

Wisata Air Terjun Bah Biak Sidamanik

air terjun bah biiak

Air Terjun Yang Tersembunyi di Kebun Teh

Pada artikel ini zoya rental medan memberikan penjelasan mengenai potensi wisata di Medan dan Sumatera Utara yaitu Air Terjun Bah Biak di Sidamanik. Selama ini Kecamatan Sidamanik Simalungun dikenal karena pemandangan menyejukkan ala perkebunan teh. Melepas penat, menghirup udara sejuk, menyusuri hijaunya perkebunan teh adalah sajian yang dapat dinikmati pengunjung yang datang ke Sidamanik. Namun sebenarnya Sidamanik menyimpan satu lagi objek wisata yang sayang dilewatkan yaitu Air Terjun Bah Biak. Waktu tempuh dari kota Medan ke lokasi air terjun ini memakan waktu kurang lebih 4 jam. Hal yang menjadi pertimbangan ketika anda berkunjung ke kota Medan adalah mencari rental mobil Medan yang menyediakan berbagai jenis armada dengan supir yang berpengalaman.

Pesona alam yang menawarkan kesejukan air terjun ini berada di tengah kebun teh Bah Butong Kecamatan Sidamanik, Simalungun. Air terjun Bah Biak berjarak sekitar satu kilometer dari Kebun Teh Bah Butong atau untuk sampai ke air terjun ini memerlukan waktu sekitar 15 menit saja dari jalan utama dengan kendaraan seperti sepeda motor. Akses jalan menuju air terjun tidak seutuhnya mulus, masih banyak jalan yang berbatu-batu. Tapi di setiap akhir pekan lokasi ini padat pengunjung terlebih lagi saat hari libur.

Sejauh ini pengelolaan masih dilakukan oleh warga sekitar sehingga wajar bila lokasi ini belum terekspos. Mungkin karena lokasi ini juga berada di tengah kebun teh sehingga tidak ada akses jalan beraspal yang membuat wisatawan tidak bisa melewati daerah tersebut dengan bus pariwisata ataupun mobil. Oleh karena itu wisatawan harus ekstra hati-hati ketika mengendarai sepeda motor karena lokasi jalan kurang baik. Wisatawan direkomendasikan berjalan kaki karena tidak terlalu jauh dari kebun teh dan dapat menikmati pemandangan sepanjang jalan. Tantangan yang dilewati selama perjalanan sebanding dengan apa yang menunggu di lokasi. Selainnya airnya sangat jernih, pemandangan sekitarnya juga terasa natural atau alami. Air terjun dikelilingi pepohonan dan tanaman kopi hingga teh.

Pengunjung yang pernah datang ke lokasi air terjun memberikan pengalamannya bahwa akses jalan menuju lokasi air terjun ini penuh tantangan, kita melewati bukit Kebun Teh yang memiliki kelicinan tanah yang cukup ekstrim jika sehabis hujan. Melewati semak-semak tanaman dan harus teliti arah belokan karena jalan ke air terjun ini hanya ditandai dengan garis merah. Kepada wisatawan juga direkomendasikan untuk membawa air minum banyak agar tidak dehidrasi dan jangan terlalu banyak membawa barang bawaan karena untuk mencapai air terjun ini ada turunan  yang cukup panjang. Satu lagi, jangan lupa bawa pakaian ganti karena di sini tidak ada jualan baju atau celana seperti tempat wisata pemandian lainnya.